Waktu Berlalu Begitu Cepat dan Kita Bertumbuh Begitu Pesat

Hari ini aku berkesempatan bertemu kembali dengan kawan dekat setelah kurang lebih sepuluh bulan tidak dapat bertemu. Rasanya masih senyaman biasanya, membuat kami tak sadar bahwa waktu melaju dengan begitu cepat. Waktu berjalan tuh emang ga kerasa ya, tau-tau udah umur dua puluh tahun padahal kayaknya kemaren baru aja lulus SMA. Dengar cerita-cerita dari kawanku, […]

Read More Waktu Berlalu Begitu Cepat dan Kita Bertumbuh Begitu Pesat

Mulan (2020): Apakah Pesan Kesetaraan Gender Benar Terwujud di Dalamnya?

Saya memilih Mulan (2020) sebagai pengalih rasa bosan di waktu akhir liburan. Alasannya simpel, ketika saya searching film terbaik 2020 yang muncul selalu Mulan, udah gitu munculnya di urutan pertama lagi. Penasaran dong, sebagus apa sih filmnya? Mulan 2020 merupakan film live-action hasil remake dari sebuah film animasi tahun 1998 yang berjudul sama. Film produksi Disney […]

Read More Mulan (2020): Apakah Pesan Kesetaraan Gender Benar Terwujud di Dalamnya?

Bayaran dari Begadang dan Sakit Leher

Selepas maghrib dapet pesan yang agak mengejutkan dari departemen, isinya mengabarkan bahwa aku mendapat predikat juara II lomba desain logo Dies Natalis departemen yang ke-64. WOW! Rasanya gila. Iya, setidaknya bagiku ini gila. Baru kali ini aku ikut lomba desain, dan untuk pertama kalinya juga aku berhasil menang. Bagiku, ada dua part terfavorit dari membuat […]

Read More Bayaran dari Begadang dan Sakit Leher

Mempertanyakan Kembali Slogan ‘Keluarlah dari Zona Nyaman’

Menurutku, trend ‘keluar dari zona nyaman’ itu adalah suatu ke-bullshit-an. Gimana enggak? Wong, logikanya kenyamanan itu kan salah satu hal yang diusahakan manusia untuk didapatkan dalam hidupnya. Untuk apa dari awal susah payah nyari kenyamanan kalo pas udah dapet malah ditinggalin? Buang-buang tenaga ga tuh, namanya? Paling tidak begitulah pikiranku tahun lalu ketika mencerna slogan […]

Read More Mempertanyakan Kembali Slogan ‘Keluarlah dari Zona Nyaman’

Singkat Saja, Tuhan

Terimakasih Tuhan, atas apa apa yang Engkau perkenankan. Tentang nafas yang masih berhembus, kedua tangan dan kaki yang utuh. Tentang hujan yang jatuh, angin yang sejuk, awan yang teduh. Tentang manusia-manusia yang selalu mengajari sesuatu yang baru, yang menjadi bekal hidup. Malam ini aku tidak ingin meminta apa-apa, Tuhan. Hanya ingin berterimakasih satu demi satu. […]

Read More Singkat Saja, Tuhan

Dengar Mendengar, Belajar Mempelajari

Baru saja bercakap via telepon dengan dua manusia spesial yang diutus Tuhan untuk menjadi teman saya di kampus. Kami bertiga terpisah jarak yang cukup jauh, lebih tepatnya saya yang paling jauh karena sedang tak diperantauan. Yah, setelah kurang lebih setahun tidak bertatap wajah, kami jarang sekali bercakap lidah alias hanya sebatas chat melalui grup whatsapp […]

Read More Dengar Mendengar, Belajar Mempelajari

Aku Hanya Ingin Hujan Siang Ini

Tak ada yang lebih damai dari suara hujan, tak ada yang lebih tenang dari aroma petrichor. Tepat di depan jendela yang langsung menghadap pekarangan, membuat hati dan pikiran seolah turut terbasuh air hujan yang dingin. Pada kamar sebagai tempat yang paling jujur atas semua rasa dan rahasia, maka berbincanglah aku pada diriku sendiri. Menatap langit-langit […]

Read More Aku Hanya Ingin Hujan Siang Ini

JANGAN PAKSA HATI MANUSIA

Barusan seorang teman mengirim pesan padaku, ingin bercerita katanya. Hatinya sedang kelabu, dirinya layu memikirkan sosok masa lalunya yang pergi tanpa ia tau. Sudah lama katanya, tapi masih saja kepikiran. Dibuat bingung ia kemudian. Banyak dari kita pernah juga mengalaminya, termasuk aku. Dari sekian banyak romansaku selama ini, tak ada satu pun yang berujung bahagia. […]

Read More JANGAN PAKSA HATI MANUSIA